Selasa, 18 September 2012

Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Bilangan cacah :
Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif, yaitu {0, 1, 2, 3 …}. Dengan kata lain himpunan bilangan asli ditambah 0.Jadi, bilangan cacah harus bertanda positif.
Bilangan bulat :
Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, …) dan negatifnya (-1, -2, -3, …; -0 adalah sama dengan 0 dan tidak dimasukkan lagi secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan.
Pengerjaan Hitung Campuran Bilangan Bilangan Bulat
Pengerjaan hitung bilangan meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ada ketentuan-ketentuan yang harus kamu pahami dalam pengerjaan hitung campuran. Untuk mempercepat  pengerjaan hitung bilangan perlu kalian pelajari terlebih dahulu sifat asosiatif, distributif, dan komutatif. Perhatikan urutan pengerjaan hitung bilangan di bawah ini :
  • Pengerjaan dalam tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
  • Perkalian dan pembagian mempunyai kedudukan yang lebih kuat dibandingkan dengan penjumlahan dan pengurangan.
  • Perkalian dan pembagian memiliki kedudukan yang sama, artinya pengerjaan perkalian dan pembagian dilakukan terlebih dahulu. Apabila dalam pengerjaan hitung terdapat perkalian dan pembagian, maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah pengerjaan sebelah kiri dahulu.
  • Penjumlahan dan pengurangan memiliki kedudukan yang sama. Apabila dalam pengerjaan hitung terdapat penjumlahan dan pengurangan, maka yang dikerjakan terlebih dahulu adalah pengerjaan yang berada di sebelah kiri dahulu.
Atau kamu juga dapat mempelajari contoh soal di bawah ini :
 
Pengerjaan Hitung Campuran Bilangan Bilangan Cacah

Operasi hitung campuran memuat paling sedikit dua pengerjaan hitung ( penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian). Langkah-langkahnya sama dengan pengerjaan hitung cilangan bulat di atas.
Contoh Soal :
1.   (3.405 + 12.025) – (10.391 – 109) = (15.430) – (10.282)
      = 5.148

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review