Selasa, 16 Oktober 2012

Memformat Flashdisk via Terminal Linux


Mumpung nganggur di depan komputer dan tidak ada kerjaan, jadi saya kejar setoran posting di blog ini. Yang enteng-enteng saja tapi siapa tahu bisa membantu menyelesaikan masalah Anda di dunia “per-linux-an”. Hehe..
Pernah kebingungan memformat flashdisk di Linux? Jika iya, sama dengan saya saat pertama kali menggunakan Linux. Hehe.. Tidak seperti Windows yang hanya perlu klik kanan lalu format, di distro Linux tertentu tidak disediakan fasilitas itu, salah satunya di Slackware yang menggunakan KDE.
Sebenarnya GNOME (apalagi yang terbaru) menyediakan fasilitas untuk memformat flashdisk via GUI (Graphical User Interface), hanya dengan klik kanan pada ikon flashdisk yang ingin diformat. Namun tidak ada salahnya mengetahui bagaimana cara memformat flashdisk menggunakan terminal.
Caranya tidak susah, dan saya yakin Anda bisa melakukannya. Sebelum diformat, unmount lalu cek dahulu flashdisk Anda ada di partisi mana menggunakan fdisk, agar tidak salah memformat.
Cek: fdisk -l
Format: mkdosfs -F 32 /dev/sdx
Ganti huruf “x” pada /dev/sdx dengan nomor partisi yang digunakan oleh flashdisk Anda. Oiya, biasanya dalam urusan format-memformat butuh hak akses “root“.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review