Senin, 15 Oktober 2012

membersihkan karburator sepeda motor

Tips membersihkan karburator sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan asal berani mencoba saja. FYI, karburator bagian terpenting dalam kendaraan bermotor. Bila kebersihan karburator tidak terjaga dengan baik maka dampaknya BBM menjadi boros. Selain boros BBM tarikan jadi kurang mantap atau terasa nggembot atau berat. Untuk itu sebagai pengguna kendaraan terutama pengguna motor sebaiknya selalu menjaga kebersihan karburator secara berkala.
Ada tips dari eraotomotif dalam membersihkan karburator agar selalu terawat dan terjaga. Fungsinya agar motor tetap prima dan BBM tidak boros. Mari kita ulas beberapa tips membersihkan karburator sebagai berikut :
Pertama, buka filter udara yang tertancap pada corong karburator serta lepas juga busanya lalu bersihkan dengan pembersih atau gunakan cairan yang dapat membersihkan kotoran. Tujuannya adalah untuk membersihkan filter udara atau yang biasa kita sebut dengan penampung debu. Hal yang sering kami jumpai di beberapa bengkel adalah dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi dengan kompresor. Sebenarnya tindakan ini tidak baik untuk filter karburator karena dapat merusak pori – pori pada busa filter.
Kedua, bagian inti yakni membersihkan karburator. Berhati – hatilah dalam membuka, perhatikan baut pengikat karburator lepaskan dengan seksama seperti tutup karburator, katup choke dan kran bensin. Untuk membukanya dapat anda gunakan kunci yang pas, bila kunci kekecilan atau kebesaran dikawatirkan nantinya akan dol sehingga karburator tidak dapat terpasang dengan baik. Untuk komponen karburator yang telah terlepas sebaiknya taruh diwadah yang memadai kemudian isi wadah tersebut dengan cairan pembersih, biasanya yang dilakukan montir membersihkan dengan bensin.
Lepaskan satu – persatu bagian karburator mulai dari mangkok karburator, jarum dan pelampung, main jet, pilot jet serta beberapa bagian lain yang menempel pada karburator. Part yang kecil – kecil tersebut jangan sampai hilang kalau hilang susah nyarinya bro apalagi yang orisinil Anda harus beli karburator full di dealer atau bengkel resmi. Taruh ditempat yang mudah untuk dijangkau dan dilihat biar nggak ketilapan.
Apabila bagian karburator sudah terlepas semuanya, mulailah dengan menyapukan kuas secara perlahan, gunakan kompresor atau apapun yang dapat mengeluarkan udara bertekanan tinggi, kalau hanya ditiup dijamin nggak bakalan bersih. Yang perlu dibersihkan dengan kompresor adalah lubang lubang pada spuyer. Bila kotoran terlalu banyak yang menempel hingga terlihat kerak gunakan amplas dengan tekstur halus. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengamplas tidak perlu menggunakan tenaga karena akan menyebabkan ukuran spuyer berubah.
Setelah yakin bagian kecil dari karburator bersih pasanglah dengan hati – hati. Gunakan obeng dengan ukuran yang pas. Kencangkan spuyer tapi jangan terlalu keras agar spuyer tidak aus.
Ketiga, jangan lupa untuk mensetting tinggi pelampung sebelum memasang komponen karburator secara keseluruhan. Bila perlu gunakan alat untuk mengukur tinggi rendahnya seperti jangka.
Keempat, Rakit atau pasang kembali semua bagian karburator jangan sampai ada yang terlewatkan. Pasang juga filter udara yang telah dibersihkan tadi pada lubang mesin. Jangan lupa setting juga karburator dalam keadaan mesin hidup bila ada alat untuk mengatur RPM  aturlah sesuai standar bawaan motor.
Itulah tips membersihkan karburator yang dapat eraotomotif sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan untuk pengguna motor tanah air. Bila ada yang perlu ditanyakan silahkan ajukan pertanyaan di kotak komentar yang telah kami sediakan di bawah postingan ini. Bila masih bingung sebaiknya cari juga tips membersihkan karburator melalui media lain atau tanya ke bengkel terdekat dari rumah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review