Senin, 29 Oktober 2012

Smartphone Android berkembang dahsyat di Indonesia

Gadgetan – Menurut International Data Corporation, pengiriman smartphone ke Indonesia terus berkembang pada kuartal keempat tahun 2011. Hal ini disebabkan karena harga ponsel menjadi lebih murah namun permintaan tetap kuat.
IDC, sebuah badan riset informasi teknologi dan telekomunikasi terkenal di dunia, memberi pernyataan bahwa pengiriman smartphone dari produsen ke Indonesia naik 28 persen pada kuartal keempat dibandingkan dengan kuartal ketiga, dan sebesar 61 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.
Dikatakan juga, para retailer besar di Indonesia telah membuat langkah yang sangat bagus dalam pengaruhnya terhadap perkembangan smartphone di Indonesia.
Analis IDC Indonesia bernama Darwin Lie menyatakan,”Kami melihat dua daftar pengecer besar ponsel, Erajaya dan Telesindo, di Bursa Efek Indonesia. Langkah ini meningkatkan modal mereka dan memungkinkan mereka untuk berinvestasi lebih banyak dalam saluran ritel mereka untuk memperluas jangkauan mereka.”
Dilaporkan juga bahwa smartphone berbasis Android adalah smartphone yang paling laris di Indonesia. Harga smartphone Android yang laku di pasaran berkisar US$ 130 atau 1.2 juta rupiah dan para retailer benar-benar mengetahui situasi pasar dengan memanfaatkan basis menengah untuk pelanggan berpenghasilan rendah.
Smartphone Android tumbuh sampai dengan 22 persen di Indonesia, dan ada potensi Android untuk mendominasi pasar di kuartal mendatang. Sedangkan untuk ponsel biasa yang bukan smartphone, turun tipis sebesar 4 persen dibandingkan dengan kuartal ketiga. Padahal sebelumnya di kuartal ketiga, kenaikan pengiriman ponsel biasa ke vendor sangatlah besar yaitu sebesar 30%, dan menguasai 89% pengiriman seluruh ponsel di Indonesia. Walaupun di kuartal keempat kemarin turun 4% tetap saja, Indonesia masih merupakan pasar yang besar untuk ponsel fitur biasa ini.
Sekitar 44 juta unit ponsel dikirimkan ke Indonesia tahun lalu, dengan smartphone  mewakili 13 persen dari pangsa pasar. BlackBerry mendominasi pasar smartphone tetapi pengiriman Samsung juga tumbuh besar yaitu 116 persen dan jangan mengesampingkan Nokia yang tetap menjadi pemain terbesar untuk ponsel berfitur biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review