Tips membersihkan karburator sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan asal berani mencoba saja. FYI,
karburator bagian terpenting dalam kendaraan bermotor. Bila kebersihan
karburator tidak terjaga dengan baik maka dampaknya BBM menjadi boros.
Selain boros BBM tarikan jadi kurang mantap atau terasa nggembot atau berat. Untuk itu sebagai pengguna kendaraan terutama pengguna motor sebaiknya selalu menjaga kebersihan karburator secara berkala.
Ada tips dari eraotomotif dalam membersihkan karburator agar selalu
terawat dan terjaga. Fungsinya agar motor tetap prima dan BBM tidak
boros. Mari kita ulas beberapa tips membersihkan karburator sebagai berikut :
Pertama, buka filter udara yang tertancap pada corong
karburator serta lepas juga busanya lalu bersihkan dengan pembersih atau
gunakan cairan yang dapat membersihkan kotoran. Tujuannya adalah untuk
membersihkan filter udara atau yang biasa kita sebut dengan penampung
debu. Hal yang sering kami jumpai di beberapa bengkel adalah dengan
menyemprotkan udara bertekanan tinggi dengan kompresor. Sebenarnya
tindakan ini tidak baik untuk filter karburator karena dapat merusak
pori – pori pada busa filter.
Kedua, bagian inti yakni membersihkan karburator. Berhati –
hatilah dalam membuka, perhatikan baut pengikat karburator lepaskan
dengan seksama seperti tutup karburator, katup choke dan kran bensin.
Untuk membukanya dapat anda gunakan kunci yang pas, bila kunci kekecilan
atau kebesaran dikawatirkan nantinya akan dol sehingga karburator tidak
dapat terpasang dengan baik. Untuk komponen karburator yang telah
terlepas sebaiknya taruh diwadah yang memadai kemudian isi wadah
tersebut dengan cairan pembersih, biasanya yang dilakukan montir
membersihkan dengan bensin.
Lepaskan satu – persatu bagian karburator mulai dari mangkok
karburator, jarum dan pelampung, main jet, pilot jet serta beberapa
bagian lain yang menempel pada karburator. Part yang kecil – kecil
tersebut jangan sampai hilang kalau hilang susah nyarinya bro apalagi
yang orisinil Anda harus beli karburator full di dealer atau bengkel
resmi. Taruh ditempat yang mudah untuk dijangkau dan dilihat biar nggak
ketilapan.
Apabila bagian karburator sudah terlepas semuanya, mulailah dengan
menyapukan kuas secara perlahan, gunakan kompresor atau apapun yang
dapat mengeluarkan udara bertekanan tinggi, kalau hanya ditiup dijamin
nggak bakalan bersih. Yang perlu dibersihkan dengan kompresor adalah
lubang lubang pada spuyer. Bila kotoran terlalu banyak yang menempel
hingga terlihat kerak gunakan amplas dengan tekstur halus. Hal yang
perlu diperhatikan dalam mengamplas tidak perlu menggunakan tenaga
karena akan menyebabkan ukuran spuyer berubah.
Setelah yakin bagian kecil dari karburator bersih pasanglah dengan
hati – hati. Gunakan obeng dengan ukuran yang pas. Kencangkan spuyer
tapi jangan terlalu keras agar spuyer tidak aus.
Ketiga, jangan lupa untuk mensetting tinggi pelampung
sebelum memasang komponen karburator secara keseluruhan. Bila perlu
gunakan alat untuk mengukur tinggi rendahnya seperti jangka.
Keempat, Rakit atau pasang kembali semua bagian karburator
jangan sampai ada yang terlewatkan. Pasang juga filter udara yang telah
dibersihkan tadi pada lubang mesin. Jangan lupa setting juga karburator
dalam keadaan mesin hidup bila ada alat untuk mengatur RPM aturlah
sesuai standar bawaan motor.
Itulah tips membersihkan karburator yang dapat eraotomotif
sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat
menambah wawasan untuk pengguna motor tanah air. Bila ada yang perlu
ditanyakan silahkan ajukan pertanyaan di kotak komentar yang telah kami
sediakan di bawah postingan ini. Bila masih bingung sebaiknya cari juga tips membersihkan karburator melalui media lain atau tanya ke bengkel terdekat dari rumah Anda.
0 komentar:
Posting Komentar